Pages

Selasa, 16 Februari 2016

Menyembunyikan File atau Folder Komputer, Laptop

       Sebuah komputer yang digunakan oleh lebih dari satu orang memang rentan terhadap akses ke suatu file atau folder. Sebuah komputer yang masuk (ikut serta) dalam jaringan skala kecil (workgroup) juga tidak akan terlepas dari kerawanan tersebut. Perlu ada tindakan yang dapat meminimalkan kemungkinan resiko terhadap akses ke file atau folder dari jangkauan banyak orang dengan cara menyembunyikannya. 

       Di sistem operasi Windows, Anda dapat menyembunyikan file atau folder tertentu yang dianggap perlu dari akses orang yang tidak berkepentingan. Meskipun cara ini dianggap kurang optimal dari pengguna komputer (user) yang berpengalaman, tetapi cara ini dapat digunakan untuk meminimalkan resiko dari pengguna yang kurang berpengalaman (novice user). Untuk menyembunyikan file atau folder tertentu di sistem operasi Windows 7, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti: Pertama anda masuk ke Windows Explorer, atau bisa juga langsung menuju File/Folder yang ingin anda Hidden Klik Kanan pada File/Folder tersebut kemudian Klik Properties > General > centang Hidden > OK/Apply, bisa lihat gambar dibawah ini:
Selesai, Sekarang File/Folder Sudah tersembunyi.
Lalu bagaimana menampilkan File/Folder yang tadi sudah tersembunyi Hidden pada Windows Explorer?
Ikuti langkah berikut:Di sistem operasi Windows, Anda dapat menyembunyikan file atau folder tertentu yang dianggap perlu dari akses orang yang tidak berkepentingan. Meskipun cara ini dianggap kurang optimal dari pengguna komputer (user) yang berpengalaman, tetapi cara ini dapat digunakan untuk meminimalkan resiko dari pengguna yang kurang berpengalaman (novice user). Untuk menyembunyikan file atau folder tertentu di sistem operasi Windows 7, berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:Pada Windows Explorer, ada tab Organize (sebelah kiri atas), kemudian Klik tab tersebut: Organize > Folder and search options Sekarang anda masuk pada menu Folder Option > View > Files and folders > Klik Show Hidden files, folders, and drives Kemudian Ok/Apply Lalu untuk menyembunyikan kembali File/Folder pada Windows Explorer bagaimana caranya? Caranya sama seperti step diatas hanya anda klik yang Don’t show hidden files, folders, or driversFolder Option > View > Hidden files and folders > Klik Don’t show hidden files, folders, or drives – Ok/ApplySebenarnya untuk melakukan hidden atau unhidden anda bisa langsung pada File atau pada Folder, jika pada folder nanti akan ada pilihan apakah file didalamnya ikut hidden atau tidak. Itu terjadi setelah anda Centang (√) Hidden, akan ada 2 pilihan sebagai berikut pada Jendela Confirm Attribute Changes :1. Aplly changes to this folder onlyArtinya atribut hiden/unhidden (tanda centang hidden/unhidden) hanya akan diterapkan pada Folder yang dipilih saja. Walaupun file/subfolder didalamnya tidak tercentang hidden file tersebut akan tetap tidak terlihat pada Windows Explorer jadi tenang saja (selama pengaturan pada windows explorer tidak mengijinkan menampilkan file hidden). File didalamnya akan terlihat jika memindahnya keluar folder hidden tersebut. Seperti itu kira-kira penjelasannya

2. Apply changes to this folder, subfolders and filesArtinya atribut hidden/unhidden (tanda centang hidden/unhidden) akan diterapkan pada semua File (Folder/Subfolder/Files). Jadi semisal anda Hidden pada step ini maka semua file didalamnya ketika dicek pada Properties akan tercentang tanda Hiddennya. Jadi walaupun file didalamnya dipindah ke perangkat sama atau perangkat yang lain file akan tetap tidak terlihat.
Mudah bukan? Yang terpenting jangan sampai anda lupa dimana
menyembunyikan file Hidden tadi, karena banyak sekali kasus seperti itu. Baik, sekian share sederhana dai saya mengenai Cara Menyembunyikan File atau Folder Komputer, Laptop dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net