Pages

Sabtu, 04 Juni 2016

Akibat kecelakaan mematikan Salom, otoritas MotoGP pun memutuskan desain lintasan yang berbeda


Luis Salom telah menambah duka bagi insan balap sepeda motor pekan ini. Pebalap SAG Racing Team itu tewas akibat cedera fatal yang ia terima kala latihan bebas dua Moto2 di grand prix Katalonia, Jumat (3/6).

Akibat kecelakaan mematikan tersebut otoritas pun
memutuskan menyelenggarakan MotoGP dengan desain lintasan yang berbeda di sisa akhir pekan seri Katalonia. Menyusul kejadian ini, Komisi Keselamatan MotoGP lantas menggelar pertemuan dengan sejumlah pebalap yang akhirnya menyepakati penggunaan desain lintasan yang berbeda.
Menyusul kejadian ini, Komisi Keselamatan MotoGP lantas menggelar pertemuan dengan sejumlah pebalap yang akhirnya menyepakati penggunaan desain lintasan yang berbeda. Salom terjatuh dalam kecepatan tinggi di tikungan 12 dan meluncur hingga menabrak pembatas. Tikungan 12 itu adalah tikungan dengan karakter cepat.
Lintasan balap untuk MotoGP dan Formula One di sirkuit ini memiliki desain yang berbeda yakni di dua titik tikungan.

Pada tikungan 10, F1 memiliki belokan yang lebih tajam di sana. Kemudian di tikungan 12, untuk F1 dibuat menjadi chicane sehingga ada dua belokan sebelum trek lurus.

Akibatnya pada latihan bebas hari ini, para pebalap diberi waktu lebih lama sebagai adaptasi sebelum sesi kualifikasi.

Pebalap Suzuki Ecstar Maverick Vinales menjadi sosok yang terbak dalam sesi latihan bebas ketiga MotoGP yang telah diubah lintasannya hari ini. Vinales memiliki catatan waktu terbaik satu menit dan 44,727 detik. Ia disusul dua pebalap Repsol Honda yang juga berasal dari Spanyol yakni Marc Marquez (1'44.847) dan Dani Pedrosa (1'44.951).

Kecelakaan Mematikan Sejak 2011

Salom (1991-2016) adalah pebalap Spanyol yang sembilan kali berhasil naik ke podium pertama grand prix. Salom pertama kali menjajal kejuaraan dunia pada 2009 silam di kelas 125cc. Sejak bertarung di kelas Moto3 pada 2012 dan 2013, dia naik podium 20 kali, termasuk meraih sembilan kemenangan. Sejak musim 2014, Salom berkiprah di Moto2 dan tiga kali naik podium.

Pemuda berusia 24 tahun itu terjatuh di tikungan ke-12 Sirkuit Katalonia ketika latihan bebas kedua untuk Moto2 tersisa 25 menit lagi, Jumat (3/6).

Segera setelah kejadian, dua mobil medis dan dua ambulan didatangkan ke lokasi. Kondisi yang parah kemudian membuat Salom dilarikan ke rumah sakit terdekat menggunakan Helikopter. Namun, usaha keras tim dokter tak bisa berbuat banyak. Salom meninggal dunia pada 16.55 waktu setempat.

Meninggalnya Salom ini menjadi insiden mematikan pertama di sirkuit dalam ajang Grand Prix setelah Marco Simoncelli di Sepang 2011 silam.

0 komentar:

Posting Komentar

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net